Padang, (Antara) – Mahasiswa Politeknik Negeri Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Vira Maulina, meraih juara pertama kategori diploma pada kompetisi mahasiswa berprestasi (mawapres) tingkat nasional di Malang, Jawa Timur pada akhir Juni lalu.

“Dalam lomba mahasiwa berprestasi tahun 2015 tersebut, Vira Maulina berhasil menyisihkan 71 orang mahasiswa dari perguruan tinggi lain se-Indonesia,” kata Direktur Politeknik Negeri Padang Aidil Zamri, di Padang, Selasa.

Dalam lomba itu mempertandingkan kemampuan dan kelebihan mawapres dari masing-masing perguruan tinggi negeri yang terdiri atas 88 mahasiswa dari program sarjana dan 72 orang mahasiswa program diploma.

“Kita tahu tidak mudah untuk memperoleh prestasi ini, sangat berat perjuangan Vira dalam mempersiapkan ini semua. Prestasi ini juga tidak terlepas dari bimbingan staf pengajar yang memberikan kontribusi sehingga Vira bisa meraih kesuksesan,” imbuhnya.

Atas keberhasilan yang telah dicapai oleh Vira, Politeknik Negeri Padang memberikan penghargaan berupa satu unit laptop kepada mahasiswi jurusan akuntansi tersebut.

Tidak hanya itu, Aidil Zamri mengajak Vira untuk terhimpun menjadi staf pengajar di Politeknik Negeri Padang.

“Nantinya, kita akan mengusahakan dan memprioritaskan Vira untuk memperoleh beasiswa unggulan ke luar negeri, setelah Vira menamatkan pendidikan D4-nya di PNP ini,” ucapnya.

Salah satu dosen Politeknik Negeri Padang, Surfa Yondri, yang juga menjadi juri perlombaan pemilihan mahasiswa berprestasi tersebut sangat bangga, karena ini untuk pertama kalinya Politeknik Negeri Padang berhasil menjadi juara pertama sebagai mahasiswa berprestasi.

Surfa Yondri menyebutkan penilaian yang menjadi juara diantaranya persyaratan minimal mahasiswa atau mahasiswi memiliki indeks prestasi 3, lalu maksimum peserta semester enam, harus membuat karya ilmiah, mampu berbahasa Inggris dan memiliki prestasi ekstrakurikuler.

Semua persyaratan itu dimiliki oleh Vira. Meskipun menjadi seorang juri pada perlombaan tersebut, Surfa Yondri tidak bisa menilai Vira karena berasal dari perguruan tinggi yang sama.

Pada saat perlombaan mahasiswa berprestasi, Vira membuat karya ilmiah yang berjudul Perancangan Laporan Akuntansi dan Pajak untuk UMKM, program tersebut mempermudah UMKM dalam memasukkan data (input) penjualan, penerimaan serta utang dalam operasional kegiatan UMKM.

Vira berharap programnya ini dapat digunakan oleh UMKM nantinya. “Ini adalah inovasi dari dunia akuntansi dan perpajakan untuk UMKM,” ujarnya.

Pada perlombaan mahasiswa berprestasi tingkat diploma itu, juara pertama diraih oleh Vira Maulina dari D IV Akuntansi Politeknik Negeri Padang, juara kedua Ikke Damaiyanita dari D3 Administrasi Bisnis Politeknik LP3I Medan dan juara ketiga I Putu Sugiri Putra D3 Akuntansi Politeknik Negeri Jakarta.

Untuk program sarjana juara pertama diraih oleh mahasiswa R Aditya Brahmana dari Teknik Informatika Institut teknologi Sepuluh November, juara kedua Ikrom Mustafa dari Metereologi Terapan Institut Pertanian Bogor dan juara ketiga Dianty Widyowati dari Ilmu Sosiatri dari Universitas Gajah Mada. (*)

Leave a Comment